-->

Cara mudah belajar menjahit untuk pemula

Cara mudah belajar menjahit untuk pemula

Menjahit itu menyenangkan. Untuk kita bisa menjahit pakaian tentunya kita harus belajar menjahit terutama dasar-dasar menjahit harus kita kuasai, kita tidak perlu memikirkan dulu bagaimana membuat pola baju atau pola celana dan saya rasa itu akan membuat kita jadi kurang semangat saat belajar menjahit. Apa saja dasar-dasar menjahit yang harus kita kuasai. Berikut pemaparannya : 

Dasar-dasar menjahit 
Pertama-tama saat kita akan belajar menjahit tentunya kita perlu paham dahulu alat-alat menjahit serta fungsinya setelah itu barulah kita mencoba menjahit. Untuk awal menjahit lakukanlah pada kain-kain perca jangan dahulu langsung menjahit baju. Ini bertujuan agar kita bisa merasakan dahulu atau dengan kata kata lain menyatukan jiwa kita dengan mesin jahit. Seperti kita belajar mobil, feeling kita harus bermain disitu, jika tidak maka jahitan tidak rapi. 

Peralatan menjahit 

Ada baiknya anda mengenal dahulu alat-alat menjahit beserta fungsi. Alat-alat yang perlu anda kenal tidak terlalu banyak dan sangat mudah anda pahami fungsi masing-masing alat. 
  • Jarum jahit banyak berbagai ukuran dan tentunya itu ukuran jarum disesuaikan dengan bahan yang akan di jahit. Semakin tebal bahan yang akan di jahit semakin besar pula ukuran jarum yang dipakai. 
  • Palet / spul berfungsi untuk menyimpan benang dan di simpan dalam sekoci kemudian di tempatkan di bawah mesin jahit. sedangkan skoci merupakan rumah palet yang berfungsi mengalirkan benang bagian bawah mesin jahit 
    alat menjahit spul skoci
  • Sepatu jahit adalah alat yang berfungsi menekan kain yang sedang di jahit serta mendorong kain bersamaan gigi mesin jahit. 


Setelah kita mengenal secara umum alat-alat menjahit, baru kita melakukan menjahit ke kain perca. Buatlah jahitan dengan alur melingkar, alur zig-zag dan menjahit lurus. Lakukanlah terus sampai anda benar-benar mahir dalam menjahit Itulah dasar-dasar menjahit. Menjahit itu tidak sulit dan menyenangkan . selamat belajar menjahit 

LihatTutupKomentar