-->

Macam-macam mesin jahit fungsi dan cara kerja

Macam-macam mesin jahit fungsi dan cara kerja

Saat anda membeli mesin jahit ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan terutama bagi anda yang baru belajar menjahit. Untuk penjahit pemula sebaiknya cukup dengan menggunakan mesin kecil atau manual saja karena pada dasarnya kebanyakan yang kita jahit merupakan setikkan lurus. Untuk lebih jelasnya saya akan mencoba menjelaskan macam-macam mesin jahit berikut fungsi dan cara kerjanya

Mesin Jahit Manual

Ada 2 macam mesin jahit yang bersifat manual. Manual disini adalah tidak menggunakan listrik dalam melakukan pengerjaannya saat menjahit. Berikut ini adalah yang termasuk dengan mesin jahit manual 

1. Mesin jahit manual dengan engkol tangan
Fungsi dari mesin jahit engkol tangan ini adalah untuk menjahit setikkan lurus. cara kerja mesin jahit ini dengan cara memutar engkol yang berada disebelah kanan dengan menggunakan tangan. Mesin jahit ini sangat praktis, namun dengan perkembangan jaman mesin manual engkol tangan ini sudah ditinggalkan dan bermunculan macam-macam mesin jahit yang baru dan lebih modern.

2. Mesin Jahit manual dengan Kaki
Fungsi dari mesin jahit manual dengan kaki ini tidak jauh beda dengan mesin jahit engkol tangan yakni untuk menjahit setikkan lurus. Sedangkan cara kerjanya saat menjalankan mesin jahit ini dengan menggunakan kaki dengan menginjak-injakan kaki. Akan tetapi kini mesin jahit kaki ini banyak dimodifikasi dengan menambahkan dinamo/motor sehingga bisa menggunakan listrik dalam menjalankannya cukup dengan satu kali injak saja, mesin sudah bisa jalan. 

Mesin Jahit Semi Otomatis
  • Fungsi    : Selain untuk setikkan lurus dapat   digunakan untuk setikkan hias, lubang kancing, pasang kancing , dan sebagainya tergantung tipe mesin
  • Cara kerja : Dengan menginjakkan kaki ke injakkan kaki yang menggunakan motor listrik. Pembuatan berbagai macam setikkan hiasan memerlukan peralatan ( cam ) lain yang sesuai dengan motif, camnya harus diganti bila ingin membuat hiasan yang berbeda sesuai motif.


Bermacam-macam mesin jahit semi otomatis ini banyak kita temukan dengan berbagai merk mesin seperti brother, Typical, Juki, Toyota, Singer dan lain-lain

Mesin Jahit Industri / High speed
  • Fungsi : Mesin jahit lurus untuk menjahit pakaiandengan berkecepatan tinggi yang biasa dipakai pada industri pada pakaian jadi diproduksi dalam jumlah besar.
  • Cara kerja : Menggunakan aliran listrik besar digunakan dengan menginjak  kaki mesin dan secara otomatis akan berkerja dengan kecepatan tinggi.

Mesin jahit khusus                                                                                                                 
Mesin jahit khusus adalah mesin jahit yang khusus untuk bagian penyelesaian  seperti mesin neci, obras, kelim mesin pasang kancing, mesin lubang kancing dan sebagainya.
  • Fungsi : Mesin neci  untuk menyelesaikan suatu jahitan pada bagian tertentu yaitu penyelesaian tiras busana.
  • Cara kerja : Dengan menginjak motor listrik  yang telah dialiri listrik maka dengan hanya menginjak secara otomatis akan bekerja dengan kecepatan tinggi.
Itulah sekilas mengenai macam-macam mesin jahit beserta fungsi dan cara kerjanya

LihatTutupKomentar