-->

Prinsip kerja dan seluk beluk mesin jahit

mesin jahit singer
Mesin jahit Singer

Alat utama dalam menjahit tentu saja mesin jahit. Dengan mesin jahit,hasil jahitan akan lebih rapi dan kuat. Sebab, setikan pada mesin jahit dapat mengunci jahitan lebih kencang dibandingkan jahitan tangan. Selain itu, busana pun akan lebih nyaman dikenakan.

Mesin jahit ditemukan pada tahun 1850 oleh isaac singer. Awalnya mesin jahit pertama di dunia ini menggunakan pedal kaki untuk menggerakan seluruh mesin. Namun, pada perkembangannya, mesin jahit kini semakin canggih. Tak hanya menggunakan listrik, ada juga yang dilengkapi dengan teknologi komputer. Bahkan, Jenisnya pun makin beragam, seperti mesin obras, mesin neci, mesin bordir dan lain-lain.

Prinsip kerja mesin jahit
Prinsip kerja Mesin jahit dengan sistem dua benang, yakni benang atas dan benang bawah.
  • Benang atas

Benang atas berasal dari benang gelendong yang dimasukkan ke dalam lubang jarum melalui pengaturan benang, tegangan benang dan pengangkut benang. Perhatikan urutan jalannya benang agar agar tidak terbalik atau terlewati. Ingat, kesalahan dalam memasukkan benang dapat menimbulkan gangguan seperti setikan kendur, benang kusut bahkan benang putus.
  • Benang bawah

Benang bawah berasal dari gulungan benang pada kumparan. Kumparan ini berada dalam sekoci. Nah, sekoci ini dimasukkan ke rumah sekoci, yaitu sebuah ruangan di badan mesin bagian dalam, tepatnya di bawah lubang jarum. Sebelum memasukkan sekoci, mesin harus diatur terlebih dahulu agar jarum berada di atas. Setelah itu, sekoci didorong masuk hingga berbunyi "klik". Barulah mesin digerakkan hingga jarum masuk ke dalam, dan benang dalam sekoci tertarik keatas.

Kedua benang ini kemudian disatukan ke dalam kain dengan bantuan jarum mesin jahit. Benang atas dimasukkan untuk menembus kain, lalu disimpulkan dengan benang dari sekoci. Setelah itu, kain diarahkan melewati mesin dengan bantuan tangan, dan ditahan dengan sepatu mesin. Perlu diperhatikan, tegangan benang dari atas dan bawah haruslah sama. Perbedaan tegangan akan menyebabkan setikan tidak rata.

Baca Juga : Berbagai jenis benang jahit dan kegunaannya

Sekedar tips memilih mesin jahit, pilihlah mesin dengan merk terkenal, seperti singer, yamata, butterfly, juki dan lain-lain. Andai saja suatu hari mesin anda rusak dan terpaksa harus mengganti bagian-bagian mesin jahit, tentu akan lebih mudah mencari suku cadang mesin bermerk terkenal. selain itu jangan malu bertanya pada penjual, jika ada hal-hal yang tidak mengerti pada mesin jahit yang anda pilih
LihatTutupKomentar