-->

Berbagai jenis Benang jahit dan kegunaannya

Berbagai jenis Benang jahit dan kegunaannya

Mungkin anda pernah memiliki pakaian yang robek, kemudian mencoba menisiknya dengan benang dan jarum. Anda biasanya akan menggunakan sembarang benang. Tahukah anda, dalam menjahit, kita memerlukan berbagai jenis benang. Berbeda jenis bahan tentunya membutuhkan benang yang berbeda pula. Semakin tebal bahannya, semakin kuat benang yang harus digunakan.

Dahulu, Manusia menggunakan benang otot hewan untuk menyatukan lembaran kulit binatang. Namun, setelah berhasil memintal kapas menjadi benang, manusia beralih menggunakan benang untuk menjahit. Lebih dari itu, bahkan benang telah berkembang dan memiliki variasi warna dan bahan. Berikut ini Berbagai jenis Benang jahit dan kegunaannya sebagai peralatan menjahit yang terdapat di pasaran. 

Benang sutra
Benang sutra memiliki tekstur yang halus dan lembut. Benang ini terbuat dari serat alami yang berasal dari ulat sutra. Benang sutra biasanya digunakan untuk menjahit sutra dan wol yang halus dan ringan.

Benang katun
Sesuai dengan namanya, katun, benang ini terbuat dari serat kapas ( cotton). Benang katun biasa digunakan untuk sebagian besar jenis jahitan. Teksturnya yang cukup kuat, membuat benang katun dapat dipakai menjahit bahan katun, linen, maupun rayon. 

Benang nilon
Benang nilon merupakan jenis benang sintetis. Benang ini terbuat dari plastik yang kuat dan elastis. Benang nilon digunakan untuk menjahit bahan-bahan sintetis, serta tidak diperuntukan untuk menjahit bahan-bahan halus. Benang nylon yang terkenal adalah benang nylon cap peniti.

Benang polyester
Benang polyester juga merupakan benang sintetis. Benang ini bersifat kuat dan elastis. Berbeda dengan benang nilon, benang polyester dapat digunakan baik untuk bahan alami maupun sintetis.

Benang karet
Benang karet terbuat dari campuran karet. Sifatnya yang sangat elastis membuat benang ini sangat cocok untuk membuat kerutan busana. Benang karet biasanya hanya dipasang pada bagian atas mesin jahit, karena bagian bawah harus tetap menggunakan benang katun. 

Benang emas / perak
Benang ini terbuat dari campuran polyester dan lapisan emas atau perak, sehingga menimbulkan kesan berkilau yang indah. Oleh karena itu benang emas atau perak biasanya hanya digunakan untuk menjahit hiasan.
Benang untuk lubang kancing
Benang untuk lubang kancing biasanya terbuat dari bahan sutra yang tebal dan kuat. Selain untuk membuat lubang kancing, benang ini juga digunakan untuk memasang kancing.

Benang kumparan
Benang kumparan merupakan benang berbentuk kumparan tebal ; untuk menjahit skala besar. Benang jenis ini biasanya digunakan oleh pabrik-pabrik konveksi. Cara menggunakannya yaitu dengan memasang pada tangkai kumparan mesin jahit high speed.

LihatTutupKomentar